Cara Budidaya Tanaman Nilam, Yang Ternyata Mempunyai Prospek Bisnis Mengejutkan!


Tanaman ini termasuk daftar tumbuhan yang istimewa guna menamannya, lantaran tumbuhan ini sanggup memberi laba yang cukup besar, setiap tetesan minyak yang dihasilkan dalam tahap penyaringan.

Indonesia sendiri yaitu negara yang menghasilkan minyak nilam paling besar di dunia. Sekitar 90% angka keperluan minyak nilam dunia di eskpor dari Indonesia. Tetapi sayang masih segelintir yang tau akan peluang ekspor tersebut.

Baca Juga  : Cara Budidaya Buah Kelengkeng Agar Lebat Berbuah

1. Syarat Tumbuh
Tanaman ini sanggup berkembang secara baik didaerah yang memiliki ketinggian 10-700 mdpl tetapi jika lebih tumbuhan nilam sanggup toleran tapi tak berkembang optimal. Wilayah yang bakal digunakan guna membudidayakan tumbuhan ini perlu memiliki suhu berkisar 22-28°C serta curah hujan berkisar 2500-3500 mm/tahun, kadar kelembaban 75%. Nilam sanggup ditanam pada bermacam jenis tanah, tetapi dianjurkan tanah yang gembur, subur, serta kaya kandungan humus menggunakan tingkat keasaman ataupun pH berkisar 5,5-6,5.

2. Persiapan Bibit
Benih bibit nilam didapat secara vegetatif, cara penyemaiannya sebagai berikut :
  1. Bibit stek dipangkas sekitar 15-18 cm. Sesudah bibit stek didapat. 
  2. Berikutnya tanam bibit itu kedalam polybag semai yang sudah diisikan media tanam menyerupai adonan tanah, seism, pasir serta pupuk kandang. 
  3. Media tanam itu perlu disiapkan sebelumnya 1-2 hari sebelum mengerjakan persemaian.
  4. Bibit yang disemai di polybag akan dirawat hingga berusia kira-kira 2 bulan serta berikutnya sanggup dipindahkan.
 Tanaman ini termasuk daftar tumbuhan yang istimewa guna  menamannya Cara Budidaya Tanaman Nilam, Yang Ternyata Memiliki Prospek Bisnis Mengejutkan!


3. Penanaman
Penanaman tumbuhan nilam sendiri, ada 2 cara yakni penanaman tidak eksklusif serta secara eksklusif :
  • Penanaman eksklusif yaitu menanam benih stek yang gres dipetik secara eksklusif kemudian ditanam di lahan tanam, tiap lubang tanam diisikan 2-3 batang stek.  
  • Penanaman secara tak eksklusif yakni benih stek disemai dulu hingga berusia 6-8 minggu, gres sanggup di pindah ke lahan tanam.

4. Pemeliharaan & Perawatan
  • Penyulaman
    Kerjakan penyulaman tumbuhan bagi yang mati maupun berkembang tak optimal dan diganti yang baru.
  • Pemupukan
    Pemupukan sanggup dikerjakan menggunakan pupuk sangkar atau pupuk Sp-36, KCl serta NPK. Tak hanya pupuk itu, sanggup pula dikerjakan pemupukan menggunakan pupuk organik yang cair supaya lebih optimal.
 Jangan Lewatkan : Pengertian dan Fungsi Polybag
  • Penyiangan
    Kerjakan penyiangan untuk gulma ataupun tumbuhan pengganggu lain supaya tumbuhan sanggup tumbuh secara baik tanpa berebutan nutrisi yang dibutuhkan guna tumbuh.
  • Pembumbunan
    Sesidah tahap pemanenan, kerjakan pembubunan. Cabang, dahan dan ranting yang terapat di bersahabat tanah akan ditimbun kembali sekitar 10-15 cm tingginya.
  • Pemangkasan
    Sesudah berusia 3 bulan kerjakan pemangkasan. Hal ini dikerjakan di cabang tingkat 3 keatas. Proses ini atau sering disebut penjarangan sanggup dikerjakan supaya tumbuhan terbebas dari hama serta penyakit.
Untuk Info selengkapnya silahkan klik saja DISINI. Update Harga Polybag silahkan klik DISINI.
Sedangkan Cara pemesanan silahkan eksklusif hubungi kami:
SMS/Call/WA: 08123-258-4950 | 0877-0282-1277 | 0852-3392-5564
Phone/fax: 031-8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com
# Kunjungi juga blog kami perihal produk pertanian lainnya, di www.agrobis99.com
Cara Budidaya Tanaman Nilam, Yang Ternyata Mempunyai Prospek Bisnis Mengejutkan! Cara Budidaya Tanaman Nilam, Yang Ternyata Mempunyai Prospek Bisnis Mengejutkan! Reviewed by Yoyon Oke on Februari 17, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.