5 Tips Perawatan Semoga Aglaonema Tumbuh Subur

Apakah Anda memerlukan tips perawatan agar aglaonema tumbuh subur? Aglaonema merupakan tumbuhan hias yang mempunyai daun sangat menarik. Ada yang bercorak hijau dengan bintik-bintik putih, hijau yang dihiasi warna kuning, hingga hijau kemerah-merahan. Tidak mengherankan bila ada aneka macam taman-taman khususnya di perkotaan yang dipenuhi dengan aglaonema.

Untuk mendapat aglaonema yang indah, Anda harus memelihara dan merawatnya secara rutin. Kebetulan tumbuhan ini praktis sekali menyesuaikan dengan ekosistemnya serta tidak membutuhkan bentuk perawatan yang sukar. Namun demikian, aglaonema yang dirawat dengan benar tentunya akan mempunyai keindahan yang lebih baik daripada tumbuhan yang dipelihara secara asal-asalan.

Kaprikornus pertanyaannya ialah bagaimana sih caranya merawat aglaonema yang benar? Jawabannya ada di bawah ini!

Tips 1 : Media Tanam yang Tepat

Media tanam yang paling sempurna sebagai daerah pertumbuhan tumbuhan aglaonema ialah adonan tanah, pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan sekitar 2:2:1. Usahakan agar wadah tanam tersebut mempunyai tingkat keasaman yang netral antara 6-7. Masukkan kepingan bata ke dalam pot sebagai bantalan penahan media tanam. Setelah tercampur rata, media tanam tadi dimasukkan ke dalam pot hingga memenuhi 3/4 dari total volumenya.

Baca juga: 5 Tips Cara Menanam Bunga Kertas Bougenville Berwarna-warni

Tips 2 : Frekuensi Penyiraman yang Pas

Mengingat tumbuhan aglaonema sangat menyukai air, Anda sanggup menyiramnya setiap hari. Siramlah tumbuhan ini hingga media tanamnya tergenangi air. Pemakaian air sumur jauh lebih cantik dari pada air dari PDAM yang notabene mengandung kaporit. Karena dalam kurun waktu yang lama, air akan menghipnotis tingkat kecerahan warna pada daun aglaonema.

Tips 3 : Pemupukan dengan Pupuk yang Benar

Untuk menjaga tingkat kesuburan media tanam, paling tidak Anda harus memperlihatkan pupuk susulan setiap 3 bulan sekali. Berikan pupuk organik secukupnya dan pupuk yang sanggup menyuburkan pertumbuhan daun tanaman. Anda pun sanggup memanfaatkan air cucian beras sebagai pupuk alami. Hati-hati dikala memperlihatkan pupuk ini, jangan hingga mengenai batang utamanya.

Tips 4 : Peletakan Tanaman

Kebanyakan tumbuhan aglaonema akan tumbuh subur apabila ditaruh di daerah yang lembab. Meskipun tumbuhan ini juga menyukai cahaya matahari, namun aglaonema akan mengering dan berwarna kecoklat-coklatan kalau lingkungannya terasa panas. Maka seharusnya Anda mengeluarkan tumbuhan ini di daerah yang terbuka pada dikala pagi hari. Kemudian memindahkannya di daerah yang teduh dikala matahari sudah bersinar terik.

Tips 5 : Pencucian Daun Aglaonema

Jangan Lewatkan : Budidaya 3 Tanaman Ini Bisa Dapat Banyak Uang! Benarkah?

Keindahan utama aglaonema terletak di daunnya. Agar daun tersebut tampak semakin indah dan mengkilap, Anda perlu mencucinya secara berkala. Siapkan air, susu,dan ampas kelapa kemudian campurkan bahan-bahan tersebut di dalam wadah. Ambil sedikit adonan ini, selanjutnya gosokkanlah ke permukaan daun aglaonema hingga merata. Setelah menunggu selama 15-30 menit, Anda sanggup membilasnya dengan air yang mengalir.

Dengan rutin melaksanakan tips perawatan aglaonema di atas, pasti aglaonema-aglaonema yang Anda miliki akan tumbuh subur.
5 Tips Perawatan Semoga Aglaonema Tumbuh Subur 5 Tips Perawatan Semoga Aglaonema Tumbuh Subur Reviewed by Yoyon Oke on Februari 08, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.