Perhatikan Hama Yang Biasa Menyerang Tanaman Cengkeh Anda!!

Kebanyakan gangguan yang terjadi ditanaman cengkeh terdiri dari serangan penyakit dan hama hama. Terkadang orang tidak ambil pusing antara perbedaan keduanya ini. Orang awam akan menyampaikan keduanya itu dengan sebutan yang sama. Sebenarnya antara penyakit dan hama memiliki perbedaan. Maka untuk tidak mengaburkan hal hal yang telah dianggap kaprah itu, sedikit kita uraikan perbedaan antara penyakit dan hama.

Sedangkan serangan penyakit dipohon cengkeh menjadikan kerusakan-kerusakan ditanaman yang disebabkan oleh cendawan atau jamur, virus dan juga keadaan sekitar dari lingkungannya. Sementara yang disebut dengan hama, bekerjsama yaitu kerusakan-kerusakan ditanaman yang disebabkan oleh gangguan binatang  yang khususnya serangga dan hewan-hewan lainnya. Maka dari itu kita butuh tahu aneka macam jenis dan macam penyakit dan hama yang biasa menyerang dipohon-pohon cengkeh sebagai berikut :

1. KUTU DAN JAMUR JELAGA
Untuk jenis ini terkadang menyerang pucuk-pucuk daun cengkeh, yang diserang itu tidak peduli pohon cegkeh yang masih muda atau pun pohon yang telah cukup dewasa.  Jika mereka telah mulai menyerang, maka daun-daun yang diserang itu warnanya akan berkembang menjadi hitam. Dengan demikian daun tersebut akan mengalami kesulitan untuk melaksanakan asimilasi. Penularan hama ini sangatlah cepat. Pertumbuhan dan pembungaan cengkeh akan mengalami gangguan. Metode metode kutu ini menyerang dengan melekatkan diri ditangkai dan daun juga ranting-ranting yang masih muda. Kemudian kutu tersebut membajak dan menghisap cairan makanan. Jika hal ini dibiarkan, maka akan menjadikan pohon cengkeh mati ranting.

BACA JUGA

Ingin Budidaya Walisongo Anda Berhasil? 3 Cara Sederhana Ini, Mungkin Bisa Membantu!

Cara Peroleh Bibit Sawit yang Unggul

Mengenal Macam-macam Ukuran Polybag 

Musim Hujan Bukan Halauan Untuk Bertanam Cabe


2. MATI BUJANG
Mati  bujang yaitu penyakit tumbuhan cengkeh yang mesti membiasakan perhatian serius. Sebab terkadang kalau pohon telah terjangkit penyakit ini maka kerugian besar akan menimpa. Penyakit ini terjadi oleh akhir dari terganggunya perakaran dalam lapisan yang dangkal. Karena lapisan tanah yang dangkal sanggup digenangi air, sehingga genangan air tersebut sanggup merusak akar-akar pohon cengkeh dan lalu membusuk dan mati. Tanda-tanda penyakit ini yaitu matinya Pucuk pohon semetode mendadak dan lalu akan meluas hingga ditingkat bawah. Jika sudah demikian pohon cengkeh akan mati dengan sendirinya. Adapun metode pencegahannya perlu terdapat penelitian yang lebih mendalam dan serius terhadap jenis tanah dan tingkat kesuburannya.

Sebelum menanam, kita mesti memperhatikan drainase. Jika pengairan kurang baik maka kita mesti menyempurnakannya dengan sumbangan pupuk ditanah tersebut semoga Ph keasaman tanah bias dinetralisir dan bias menggemburkan kembali tanah tersebut.

3. MATI RANTING
Penyakit mati  ranting sering pula disebut dengan nama die back. Penyakit ini disebabkan oleh terganggunya akar oleh sesuatu yang terjadi di dalam tanah. Hal ini sanggup pula lantaran banyaknya mengeluarkan energy sewaktu berbunga lebat. Karena banyaknya energy  yang dikeluarkan maka mengakibatkan kelemahan ditanaman di dalam menghisap unsur hara. Akar-akar sebagian membusuk. Terkadang penyakit ini banyak menyerang pohon cengkih yang berumur kurang lebih 7 tahun, khususnya dipohon-pohon yang telah menghasilkan. Penyakit ini menyerang pohon cengkeh yang ditanamnya bersahabat dengan sumber air.
*Info harga polybag termurah & terupdate sanggup anda cek DISINI

4. BUSUK AKAR
Penyakit ini diebabkan oleh phythopthora, Pythium dan Rhizoctinia yang semua itu yaitu aneka macam macam dari jamur. Pohon yang terjangkit penyakit wangi akar ditandai dengan adanya daun yang tampak kekuning-kuningan, lalu layu dan kesudahannya daun tersebut mengering. Apa kalau kita menyidik dengan mencabut batangnya, maka akan kelihatan dengan terang bahwa akar dari cengkih tersebut telah membusuk. Sebelum tanam gunakan natural glio untuk mencegah jamur tanaman. Namun kalau sudah terlanjur terjangkit penyakit ini, maka kami sarankan untuk segera mencabutnya semoga tidak menyerang ketanaman lain disekitar tumbuhan tersebut. Juga metode pencabutannya mesti kita usahakan semoga tanahnya tidak berhamburan. Bekas-bekas pohon yang kita cabuti itu mesti di bakar.

5. PENGGEREK BATANG
Hama ini yaitu hama yang juga sering menyerang pohon-pohon cengkeh. Jika hama ini telah menyerang, maka batang cengkeh tersebut akan mengakibatkan lubang-lubang yang jalur jalannya zig zag. Dengan terdapat luka tersebut maka akan mengganggu peredaran zat masakan dari bawah. Cenkeh yang diserang hama ini terkadang berumur 4-8 tahun. Bentuk dari hama yang menyerang tumbuhan ini berupa ulat atau larva dari semacam kumbang kecil. Metodenya ulat tersebut meletakkan telurnya dan sekaligus bertelur dibatang  yang letaknya bersahabat permukaan tanah.
Adapun metode pemberantasannya dari hama ini yaitu dengan menutup lubang itu hingga rapat dengan kapas yang sudah di basahi NATURAL PENTANA. Dengan demikian sisa-sisa telur yang terbisa didalamnya bias mati dengan sendirinya.

6. ANAI ANAI
Anai-anai atau rayap ini sangatlah mengganggu bagi tumbuhan cengkih yang masih muda, lantaran binatang ini sering menetaskan telur di dalam tanah yang bersahabat dengan akar. Adapun metode pencegahannya yaitu dengan menyemprotkan insektisida.

Demikianlah kumpulan daftar hama yang sanggup menyerang pada tumbuhan cengkeh Anda, mulailah waspada...

Perhatikan Hama Yang Biasa Menyerang Tanaman Cengkeh Anda!! Perhatikan Hama Yang Biasa Menyerang Tanaman Cengkeh Anda!! Reviewed by Yoyon Oke on Januari 24, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.