5 Ciri Ciri Karung Beras Berkualitas

5 Ciri Ciri Karung Beras Berkualitas

5 Ciri Ciri Karung Beras Berkualitas

Beras merupakan komoditas pertanian yang penting bagi masyarakat Indoesia, karena nasi adalah makanan pokok ratusan juta rakyat Indonesia. Sebagai negara agraris, Indonesia juga memiliki banyak varian padi unggulan seperti rojo lele, beras IR, ada beras merah, beras hitam, dsb. Karung adalah wadah pengemas beras yang biasa digunakan untuk memudahkan proses distribusi beras dari petani, tengkulak hingga ke konsumen. Jenis karung yang biasa digunakan terbuat dari kain goni dan bahan plastik. Penggunaan karung sebagai wadah beras haruslah terbuat dari bahan yang kuat karena karung harus mampu menahan beban berat beras hingga lebih dari 20kg. Karung biasanya digunakan untuk kemasan beras dengan volume beras yang besar, karena harus dapat mengangkut beras dengan jumlah besar dari petani hingga ke konsumen.

Dalam proses distribusi beras dari petani hingga ke konsumen, karung memiliki peran besar dan penting dalam menjaga kualitas dan stabilitas beras. Karena di dalam karung, terdapat lebih dari 20kg beras yang harus terjamin mutu dan kualitasnya dari petani hingga ke konsumen. Pentingnya peran karung dalam proses distribusi dan sebagai wadah pengemas beras, membuat anda harus selektif dalam memilih jenis dan bahan karung, sehingga anda perlu mengetahui 5 ciri karung beras berkualitas dalam menunjang proses distribusi beras anda. 

5 ciri karung beras berkualitas tersebut, antara lain :

1.Karung harus terbuat dari bahan yang kuat
Di dalam sebuah karung, tersimpan lebih dari 20kg beras yang siap didistribusikan dari petani hingga ke konsumen. Proses distribusi yang tidaklah singkat dan mudah dapat menimbulkan berbagai kendala seperti, saat proses distribusi, karung bisa sobek, karena jalan yang ditempuh tidaklah halus sehingga ada kemungkinan karung sobek atau berlubang. Di samping itu, saat proses distribusi, karung ditumpuk di atas karung yang lain sehingga ada kemungkinan, karung yang berada di urutan paling bawah tidak mampu menahan beban berat karung-karung diatasnya, sehingga ada kemungkinan bocor. Kendala yang terjadi saat proses distribusi ini dapat membuat petani atau tengkulak rugi, karena beras akan rusak dan harga akan anjlok, sehingga karung haruslah terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah sobek.

2.Bahan karung bersifat netral, tidak bereaksi dengan beras
Dalam proses distribusi panjang dari petani hingga ke konsumen, beras haruslah tersimpan di dalam karung yang aman dan bersifat netral, bahan karung tidak bereaksi dengan beras, sehingga mutu dan kualitass beras terjamin.

3.Karung tahan air
Tidak dapat dipungkiri, selama proses distribusi berlangsung bisa muncul berbagai kendala, antara lain saat proses penyimpanan bila terjadi kebanjiran, karung harus bisa melindungi beras dari masuknya air ke dalam karung, sehingga untuk meminimalisir masuknya air ke dalam beras, karung haruslah terbuat dari bahan yang tahan air.

4.Bernilai ekonomis
Bahan karung selain dengan mutu dan kualitas yang terjamin, namun juga bersifat ekonomis. Hal ini agar tidak terjadi  pembengkakan harga beras pada konsumen dan untuk menjaga stabilitas harga pasar. Karung yang digunakan memiliki banyak kelebihan namun juga bernilai ekonomis.

5.Mudah didapatkan
Tidak dapat dipungkiri setiap hari ratusan juta butir beras yang dihasilkan harus mampu memenuhi permintaan pasar dalam negeri, oleh sebab itu, karung yang digunakan juga haruslah jenis karung yang mudah didapatkan dan banyak ditemukan, sehingga dapat menunjang proses distribusi dengan cepat dan tepat waktu.
#Dapatkan info pertanian terupdate klik DISINI.

5 ciri karung beras berkualitas diatas dapat anda dapatkan dengan membeli produk karung produksi kami. Kami memiliki pabrik karung berkualitas yang sesuai dengan permintaan pasar dan menunjang distribusi karung hingga ke tangan konsumen dalam kondisi baik dan aman. Kami menyediakan karung transparan, karung laminasi, karung sablon, karung printing, karung gabah, dsb dengan harga dan ukuran yang sesuai dengan konsumen. Jadi anda butuh karung, ingat pesan dan beli karung ke kami
#Untuk info harga terupdate karung beras slahkan klik DISINI.

Itu saja artikel tentang 5 Ciri Ciri Karung Beras Berkualitas
Terima kasih sudah mengunjungi blog kami
5 Ciri Ciri Karung Beras Berkualitas 5 Ciri Ciri Karung Beras Berkualitas Reviewed by Yoyon Oke on April 20, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.