Tips & Trik Mengatasi Hama dan Penyakit Pada Tanaman Jahe, Dijamin Hama Kabur Penyakit Hilang

 

Distributor Plastik Kebutuhan Pertanian - Lim Corporation

Jahe adalah tanaman rimpang yang sangat dikenal sebagai rempah-rempah serta bahan untuk obat - obatan. Rimpangnya mempunyai bentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengahnya. Rasa dominan pedas dikarenakan senyawa keton bernama zingeron. Tanaman ini juga lemah terserang hama dan penyakit ketika kita menanamnya, berikut adalah beberapa hama yang dapat biasa ditemukan menyerang tanaman jahe. Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah dari tanaman jahe diciptakan oleh seseorang yang bernama William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi. Selain hama ada juga terdapat beberapa Penyakit yang dapat ditemukan menyerang tanaman Jahe.

BACA JUGA:

1. Penyakit layu bakeri
Gejala: pertama tama sehelaian daun bagian bawah melipat dan menggulung lalu terjadi perubahan warna dari hijau menjadi ke warna kuning dan mengering. Lalu tunas batang menjadi busuk dan pada akhirnya tanaman mati rebah. Apabila diperhatikan, rimpang yang sakit tersebut berwarna gelap serta sedikit membusuk, kalau rimpang dipotong akan mengeluarkan lendir berwarna putih seperti susu sampai kecoklatan. Penyakit ini menyerang tanaman jahe pada saat jahe berumur 3 - 4 bulan serta yang paling berpengaruh adalah faktor suhu udara yang dingin, genangan air dan kondisi tanah yangg terlalu lembab.

Cara mengendalikan penyakit jenis ini bisa dilakukan dengan:
• menjaga kesehatan bibit jahe.
• karantina tanaman jahe yang terkena penyakit.
• pengendalian dengan pengolahan tanah yang baik.

2. Penyakit busuk rimpang
Penyakit tersebut bisa masuk ke bibit rimpang jahe melalui lukanya. Dia akan tumbuh dengan baik pada suhu udara 20 - 25 derajat C dan terus berkembang akhirnya menyebabkan rimpang menjadi rusak.

Gejala: Daun bagian bawah yang berubah menjadi kuning kemudian layu dan akhirnya tanaman meninggal (innalillahiwainnailaihirojiun).

Cara mengendalikannya bisa dengan:
- penggunaan bibit yang sehat.
- penerapan pola tanam yang baik
- penggunaan fungisida.
- pengendalian fungisida dithane M-45 (0,25%), Bavistin (0,25%).

3. Penyakit bercak daun
Penyakit tersebut dapat menular dengan bantuan angin, akan masuk dari luka atau tanpa luka pun bisa juga masuk.


Gejala: Pada daun yang bercak-bercak berukuran 3 sampai 5 mm, kemudian bercak-bercak itu berwarna abu-abu dan ditengahnya ada bintik-bintik yang berwarna hitam, sedangkan pinggirnya busuk basah. Tanaman yang terserang dapat mengalami kematian.
Pengendaliannya bisa dilakukan dengan tindakan pencegahan ataupun penyemprotan penyakit bercak daun sama halnya dengan cara-cara yang dijelaskan di atas.

4. Gulma 
Gulma potensial pada pertanaman temu lawak merupakan gulma kebun antara lain rumput teki, alang-alang, ageratum, dan gulma berdaun lebar lainnya.

Untuk pertanian organik yang tidak menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya melainkan dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan biasanya dilakukan secara terpadu sejak awal pertanaman untuk menghindari serangan hama dan penyakit tersebut yang dikenal dengan Pengendalian Hama Terpadu yang komponennya merupakan sebagai berikut :

• Mengusahakan pertumbuhan tanaman yang sehat yaitu memilih bibit unggul yang sehat bebas dari hama dan penyakit serta tahan terhadap serangan hama dari sejak awal pertanaman
• Memanfaatkan semaksimal mungkin musuh-musuh alami
• Menggunakan varietas-varietas unggul yang tahan terhadap serangan hama dan penyakit.
• Menggunakan pengendalian fisik/mekanik yaitu dengan tenaga manusia.
• Menggunakan teknik-teknik budidaya yang baik misalnya budidaya tumpang sari dengan pemilihan tanaman yang saling menunjang, serta rotasi tanaman pada setiap masa tanamnya utk memutuskan siklus penyebaran hama dan penyakit potensial.

Jual Plastik Kebutuhan Pertanian
* Info selengkapnya mengenai harga Karung Plastik klik aJa DISINI

Jika anda membutukan dan memerlukan Karung Plastik maupun Karung Beras untuk peking beras atau untuk digunakan lainya dengan harga murah serta bahan yang berkualtas baik Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup)

Customer Service:
Telp: 031 - 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00)
Mobile: 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan Admin klik salah satu tuntan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN:
- Minimal Order 5000 lembar
- Harga Franco Surabaya
- Harga netto (tidak termasuk PPN)
- Harga tidak mengikat bisa berubah sewaktu-waktu
Tips & Trik Mengatasi Hama dan Penyakit Pada Tanaman Jahe, Dijamin Hama Kabur Penyakit Hilang  Tips & Trik Mengatasi Hama dan Penyakit Pada Tanaman Jahe, Dijamin Hama Kabur Penyakit Hilang Reviewed by Yoyon Oke on Januari 22, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.