Begini 4 Langkah Paling Mudah Budidaya Pala Agar Hasil Panen Melimpah



Pala termasuk flora pohon dan berasal dari kepulauan di Indonesia yakni Banda, Maluku. Dikarenakan nilai jualnya yang menggiurkan sebagai materi rempah-rempah, buah serta biji pala sudah menjadi kamunitas perdagangan terpenting semenjak pada masa kerajan Romawi. Banyak juga orang-orang yang ingin membudidayakanya guna di jual untuk mendapat laba akibatnya yang tidak mengecewakan tinggi.

Tahapan Cara Budidaya Pala Secara Mudah & Mudah

1) Persiapan Lahan
Langkah ini dapat dimulai dengan mengolah lahan lebih dulu yakni melaksanakan pencucian semak belukar, rumput berkayu, serta membersihkan sisa flora yang ada, dan juga mengemburkan serta meratakan tanah, pada tahap pengolahan tanah dapat Anda lalkukan dengan cangkul maupun mesin bajak.

*Baca juga Panduan Langkah Budidaya Seledri Paling Jitu, Agar Panen Melimpah!

Pengolahan tanah disamakan dengan luas area tanam serta dana guna pembudidayaan, maka pendanaan modal dapat dikeluarkan dengan bijak serta tepat.

2) Penanaman Tanaman
Proses persiapan tanam disarankan mengerjakan pada waktu memasuki isu terkini hujan, faktor ini guna menjamin tersedianya air pada area tanam, setelah itu langkah berikutnya yakni menciptakan lubang tanam berukuran panjang, lebar, serta ketinggian yakni (40 x 40 x 40 cm) maupun (60 x 60 x 60 cm) menggunakan jarak tanam (9 x 10 m) serta angka populasi benih bibit pala 111 bibit per hektar.

Penanaman bibit dikerjakan dengan menyiapkan bibit pala yang sudah berumur 1-2 tahun menuju lahan tanam, masukkan 1 bibit pala di depan lubang secara keseluruhan, diteruskan dengan membuka plastik polybag kemudian meletakkannya sempurna pada lubang tanam hingga batas leher akar, kemudian tutup lagi dengan tanah serta padatkan.

3) Pemeliharaan & Perawatan
- Penyulaman
Kerjakan penyulaman pada flora yang mati pada lahan tanam dan diganti dengan yang baru, penyulaman dikerjakan kurang lebih 2 ahad setelah masa tanam.

- Penyiangan
Sesudah masa tanam lakukan langkah penyulaman secara rutin, dimulai dengan membasmi gulmaserta rumput liar yang ada di area lahan dan disekeliling bibit pala.

- Pemupukan
Pemupukan diberikan setelah proses penyiangan selesai. Jenis pupuk yang digunakan pada flora ini menyerupai jenis pupuk organik, sangkar kambing, ayam, sapi, serta kompos dan juga anorganik maupun pupuk kimia yakni Urea,SP-36 serta Kcl.

4) Pemanenan & Pasca Panen
Pemanenan dikerjakan kalau pala sudah matang dengan membuktikan adanya warna buah yang merekah serta bijinya berwarna hitam serta pula biasanya sudah berumur 7-8 tahun.

*Butuh plastik pertanian menyerupai : polybag, paranet, plastik UV, plastik mulsa, dll Hub. 081232584950 | 087702821277 | 085233925564.
- Dapatkan Info Harga Terupdate Semua Produk Lim Corporation

Cara memanennya dikerjakan dengan cara dipetik, tetapi ini dikerjakan kalau pohon tidak terlalu tinggi, namun kalau ketinggian pohon mencapai 10-15 meter maka pemanenan dikerjakan menggunakan galah dari bambu. Pala dikumpulkan pada 1 wadah kemudian dimasukkan ke karung guna dibelah serta dikering guna hasil biji pala yang berkualitas baik.

Begini 4 Langkah Paling Mudah Budidaya Pala Agar Hasil Panen Melimpah Begini 4 Langkah Paling Mudah Budidaya Pala Agar Hasil Panen Melimpah Reviewed by Yoyon Oke on Januari 24, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.