Bunga Sepatu – Penjelasan, Klasifikasi, Serta Manfaat Bunga Sepatu Bagi Kesehatan

Bunga Sepatu atau Kembang Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis) yaitu jenis tumbuhan bunga dan merupakan salah satu tumbuhan perdu atau semak yang berasal dari suku Malvaceae. Tanaman bunga ini berasal dari Asia Timur, Kembang sepatu banyak ditanam untuk tumbuhan hias baik di iklim tropis ataupun subtropis.

Bunga sepatu memiliki bunga berbentuk terompet yang terdiri dari 5 daun kelopak yang dilindungi oleh kelopak aksesori dengan diameter bunga sekitar 6-20 cm. Tinggi tumbuhan bunga sepatu sekitar 2 sampai 5 meter, bentuk daunnya bundar telur melebar atau bundar telur sempit dengan ujung meruncing. Tanaman Bunga sepatu berkembang biak dengan cara cangkok, stek atau penempelan. Bunga sepatu memiliki beraneka warna yang bermacam-macam ibarat merah, putih kuning, biru, ada yang dua warna dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Nilam, Yang Ternyata Memiliki Prospek Bisnis Mengejutkan!

Klasifikasi ilmiah Bunga Sepatu
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Malvales
Famili: Malvaceae
Genus: Hibiscus
Spesies: H. rosa-sinensis

Bunga sepatu sangat berkhasiat untuk pengobatan, mulai dari akar, batang, daun, bunga, dan kelopak bunga bermanfaat bagi kesehatan. Pada bab bunga mengandung gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin yang memiliki efek diuretic dan choleretic, memperlancar peredaran darah, menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), serta berkhasiat sebagai tonik (obat kuat). Asam amino dalam bunga sepatu berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Sedangkan akar dan daun bunga sepatu mengandung Calcium oksalat, peroxidase, lemak dan protein. Berkisar antara 15% sampai 30% dari tumbuhan bunga sepatu terdiri dari asam tumbuhan ibarat asam sitrat, asam malat, asam tartarat dan allo-hidroksisitrat lakton asam, yaitu asam kembang sepatu.

Manfaat Bunga Sepatu

Dapat mengobati Flu, Demam dan Malaria
Dapat Menjadi Proteksi Terhadap Infeksi
Dapat Mengobati Batuk dan Sariawan
Dapat Dijadikan Obat Sakit Kepala
Dapat Mencegah Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) dan Kolestrol
Dapat Dijadikan Obat Gondok
Dapat Dijadikan Obat Gonorrhea
Dapat DiJadikan Obat Sulit Kencing
Dapat Mengeluarkan Racun di dalam Tubuh
Dapat Mencegah Rambut Rontok
Dapat Mencegah Penyakit Keputihan
Dapat menurunkan berat badan
Dapat Menambah Energi
Dapat menjaga Kesehatan Kulit

Jangan Lewatkan : Panduan Langkah Budidaya Seledri Paling Jitu, Agar Panen Melimpah!

Demikian gosip pembahasan tentang”Bunga Sepatu – Penjelasan, Klasifikasi, Serta Manfaat Bunga Sepatu Bagi Kesehatan“, supaya bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa
Bunga Sepatu – Penjelasan, Klasifikasi, Serta Manfaat Bunga Sepatu Bagi Kesehatan Bunga Sepatu – Penjelasan, Klasifikasi, Serta Manfaat Bunga Sepatu Bagi Kesehatan Reviewed by Yoyon Oke on Februari 17, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.