Manfaatkan Polybag Untuk Peroleh Bibit Sawit Yang Unggul

Cara Tepat Pembibitan Sawit dengan Polybag yakni sistem pembibitan untuk mewujudkan benih sawit kelas unggul dan bermutu. Secara awam, sistem pembibitan sawit ini sanggup dilaksanakan dengan satu tahap saja. Atau apabila Anda mengharapkan hasil benih yang unggul dan bermutu, maka disarankan menjalankan pembibitan sawit dua tahap.

Cara pembibitan sawit satu tahap yakni dengan menanam eksklusif kecambah sawit dalam polybag besar. Para petani menentukan mbibitan sawit satu tahap ini pada biasanya alasannya yakni tak diperlukan pemindahan polybag lagi sebelum ditanam di perkebunan.

Sementara sistem pembibitan sawit dua tahap dilaksanakan dalam dua tahap, adalah:
1) menanam kecambah dalam polybag kecil.
2) Sesudah kecambah sawit tumbuh cukup besar maka dilaksanakan pemindahan benih sawit ke polybag yang lebih besar.

BACA JUGA

Tanaman Wijen Anda Terkena Hama? Jangan Risau, Berikut Tips Jitu Cara Membasminya! 

Mudahnya Bertanam Serai Dengan Media Polybag/Koker 

Peluang Menjanjikan Petani Modern di Wilayah Megapolitan Dengan Bertanam Organik 

5 Cara Paling Praktis Budidaya Teh, Supaya Panen Melimpah Ruah! 


Pembibitan Sawit Dua Tahap Lebih Menguntungkan
Cara pembibitan sawit dua tahap (double stage) lebih awam dilaksanakan ketimbang satu tahap. Hal ini dikarenakan memang pembibitan dua tahap lebih simpel dalam menjalankan perawatan dan juga lebih simpel dalam mengevaluasi pertumbuhan. Pembibitan sawit dua tahap memungkinkan penyiraman dan pemupukan serta pembuatan naungan pada tahap pertama lebih optimal.

Cara pembibitan sawit ini dimulai dari penyiapan kawasan kecambah sampai berumur 3 bulan. Sesudah 3 bulan dilaksanakan pemindahan ke polybag gres dan dilaksanakan perawatan sampai benih sawit berusia 10-12 bulan.

Sesudah usia 10-12 bulan inilah benih sawit siap dikeluarkan dari polybag dan ditanam di perkebunan.

Pada pengerjaan penyemaian kecambah, buatlah bedengan secukupnya dengan membikin naungan di atas bedengan. Naungan biasanya dijadikan dari materi daun sawit atau rumbia. Tujuannya biar kecambah sawit tak kontak eksklusif dengan matahari yang sanggup menimbulkan layu dan mati.

Untuk mendapat kecambah yang baik, maka siapkan materi tanam yang baik dari tipe pupuk kompos dan organik yang dicampur dengan tanah dan bedengan. Semenjak mulai penyemaian kecambah, lakukan penyiraman secara rutin dengan semprot air berbentuk kabut biar kecambah tak tergerak oleh arus air yang disemprotkan. Hal ini dialamatkan biar akar kecambah sanggup tumbuh di media dengan baik.

Jangan Lakukan Pemupukan Sebelum Umur 3 Bulan
Jangan lakukan pemupukan selama penyemaian kecambah sampai tiga bulan. Cara pembibitan ini dilaksanakan biar tanah tak mengalami perubahan drastis yang sanggup menimbulkan kecambah itu mati sendiri. Terkecuali apabila daun kecambah tampak mulai menguning alasannya yakni kekurangan zat hara dan nutrisi tanah. Jika ini terjadi, maka sanggup dilaksanakan pemupukan dengan hati-hati menerapkan pupuk N dalam wujud cair. Pupuk disemprotkan ke daun dengan difusi semprot berbentuk kabut biar sama sekali tak menggoyang kecambah dan merubah contoh tanam akar yang sudah mulai terbentuk. Lakukan penyemprotan ini seminggu sekali sampai daun yang menguning mulai menghijau.

Info Harga Polybag Bisa Anda Cek DISINI
Sesudah tiga bulan, mulai pilihlah kecambah yang tumbuh baik dan baik untuk disiapkan pemindahan ke polybag. Lakukan pemindahan dengan telaten dan hati-hati biar tak merusak akar lembut kecambah. Sesudah dipindah ke polybag lebih besar biasanya perawatan jauh lebih simpel dikarenakan otot-otot akar benih sawit pada usia ini sudah mulai tampak, padahal kasat mata kita tak sanggup mengamati dengan terang akar benih sawit alasannya yakni masih benar-benar lembut.

Selama masih dalam pengerjaan tanam polybag, jangan lupa menjalankan perawatan dan perlindungan secara khusus dari serangan hama. Selain hama, lakukan perlindungan dari jamur dengan semprot fungisida pada batang yang berjamur. Lakukan perawatan tersebut secara rutin sampai benih sawit berusia 10-12 bulan dan siap dipindahkan menuju perkebunan. Untuk kesempurnaan pengerjaan itu semua, jangan lupa Cara Tepat Pembibitan Sawit dilaksanakan dengan Polybag.
Manfaatkan Polybag Untuk Peroleh Bibit Sawit Yang Unggul Manfaatkan Polybag Untuk Peroleh Bibit Sawit Yang Unggul Reviewed by Yoyon Oke on Desember 29, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.