Tanaman Wijen Anda Terkena Hama? Jangan Risau, Berikut Tips Jitu Cara Membasminya!

Wijen termasuk salah satu jenis tumbuhan yang memiliki ketinggian pohon yang beragam, biasanya sekitar 60-120 cm. Jika buahnya telah matang pohon dan mengering, bab bijinya bakal simpel terlepas ke bab luar.

1. Trips
Hama ini menyerang dengan menghisap cairan pada daun maupun pucuk serta buah muda. Untuk tanda-tanda serangan yang sanggup dilihat secara visual yaitu : Daun ataupun pucuknya berubah dari warna hijau ke warna kekuningan maupun keperakan, mengkerut, serta kemudian daun akan keriting. Buahnya muda dan bentuknya ajaib maupun ukuran kecil.

- Penanganan: Secara non kimiawi sanggup dengan mengatur masa tanam dengan bersamaan pada 1 hamparan, pergiliran daerah tanaman, serta juga memusnahkan bab dari tumbuhan yang terkena serangan berat. Jika secara kimiawi sanggup dengan cara disemprot cairan insektisida yang sudah mangkus serta sangkil, semisal Oncol 200 EC maupun Dicarzol 25 SP.

2. Belalang Kayu
Hama serangga ini suka menyerang dengan cara memakan bab daun. Untuk tanda-tanda serangan yang timbul dan sanggup dilihat yaitu : Daun-daun rusak serta bolong-bolong tak menentu. Jika serangan sudah berat akan mengakibatkan flora gundul bahkan tinggal tersisa tulang-tulang daun.

- Penanganan : Secara non kimiawi sanggup dengan menangkap kemudian memusnahkan belalang. Jikalau dengan cara kimiawi sanggup dengan menyemprotkan cairan insektisida sistemik semisal Perfekthion 400 EC.

BACA JUGA

Mudahnya Bertanam Serai Dengan Media Polybag/Koker


3. Ulat Daun & Buah
Berikut beberapa jenis ulat yang sering menjangkit wijen :
> Ulat Jengkal
Hama ulat ini akan menyerang daun, jadi akan berlubang maupun rusak tak beraturan.
> Ulat Tanah
Ulat ini akan menyerang bab wijen yang muda dengan cara memotong titik tumbuh pada pucuk tumbuhan hingga sanggup mengakibatkan terkulai serta layu.
> Ulat Buah
Ulat satu ini akan menyerang dengan cara menggerek bab buah serta merusak bijinya.

- Penanganan : Bisa dengan cara mengumpulkan jadi satu kemudian membunuhnya, penggiliran masa tumbuhan serta disemprot dengan insektisida kontak semisal Curacron 500 EC maupun dengan sistemik Perfekthion 400 EC.

Melayani Pemesanan Polybag Ukuran Sesuai Permintaan
Tersedia Polybag Hitam, Putih Kualitas Ori, Super, & Biasa


4. Kutu Daun

Kutu ini umumnya hidup secara bergerombol dibagian pucuk tanaman. Cara bertahan hidupnya yakni menghisap cairan yang ada pada tanaman. Gejala serangan yang sanggup dilihat akhir terkena kutu daun ini yaitu perkembangan flora akan lamban serta pucuk mengeriting. Bekas cairan dari gigitan kutu daun akan berasa manis, maka akan sanggup mengundang semut berdatangan.

- Penanganan : Kalau secara non kimiawi sanggup dengan pergiliran mas tanaman, memotong serta membasmi bab flora yang terkena serangan berat. Jika secara kimiawi sanggup dengan menyemprotkan cairan insektisida yang mangkus serta juga sangkil semisal Decis 2,5EC maupun Perfekthion 400 EC.

Tanaman Wijen Anda Terkena Hama? Jangan Risau, Berikut Tips Jitu Cara Membasminya! Tanaman Wijen Anda Terkena Hama? Jangan Risau, Berikut Tips Jitu Cara Membasminya! Reviewed by Yoyon Oke on Desember 01, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.