Jadi Begini, Sukses Budidaya Sawo Dengan 6 Langkah Mudah!

Sawo termasuk jenis buah yang sekarang sudah terkenal di Indonesia. Sawo memiliki bentuk yang bundar dan berwarna kulit serta daging berwarna coklat. Buah ini memiliki rasa yang begitu khas, begitupun dengan kulit tipisnya. Buah sawo memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan lantaran banyak nutrisi dan vitamin terkandung didalamanya yang anggun bagi kesehatan. Buah sawo pula memiliki banyak kandungan air yang tinggi jadi pas guna dijadikan untuk buah segar pencuci mulut.

1. Pengolahan Lahan
Lahan tanah mula-mula disiapkan dahulu sebelum isu terkini penghujan. Lahan awalnya perlu dibersihkan dahulu dari rerumputan, kemudian dibajak serta kemudian dicangkul.

2. Jarak Tanam
Untuk jarak tanam tanamannya kira-kira 8-9 m x 8-9 m, jadi flora tak bakal berdempetan jikalau telah cukup umur dan besar. Ajir dipasangkan ditempat yang bakal dibuatkan lubang tanam.

3. Lubang Tanam
Bikinlah beberapa lubang yang berukuran 50 x 50 x 50 cm dengan adanya titik tengah pada kawasan pengaliran air. Lalu pisahkanlah tanah galian pada bab atas serta bab bawahnya. Isikan lubangnya menggunakan tanah dibagian atas yang sudah dicampur dengan pupuk sangkar sekitar 30 kg/lubang. Lalu biarkan lubang tersebut terbuka selama 2 ahad guna mempersingkat masa pelapukan.
*Baca juga Begini 5 Cara Benar Budidaya Pohon Jati, Yang Kabarnya Bisa Bikin Cepat Kaya!

4. Penanaman
Proses penanaman dikerjakan ketika isu terkini hujan. Sebaiknya ini dikerjakan ketika sore hari. Polybag kemudian dilepas secara hati-hati, tanah jangan hingga pecah. Usahakan pada leher akar masih utuh menyerupai ketika masa persemaian serta bab yang sedang diokulasi tak tertimbun dengan tanah. Berilah peneduh, mulsa, serta flora yang sanggup menutup tanah yang baik di awal perkembangan flora sawo.

5. Perawatan Sawo
Perawatan pada flora sawo mencakup :
- Pemangkasan
Sawo tak memerlukan pemangkasan pada bunga, ranting serta cabangnya.
- Penyiangan
Gulma perlu disiangi dahulu supaya tak jadi hama bagi flora sawo. Penyiangan perlu dikerjakan secara hati-hati. Baiknya, ini dikerjakan dengan hanya mencabut gulma.
- Penggemburan
Penggemburan dikerjakan di sekeliling tanaman, bebarengan dengan proses penyiangan maka akan menawarkan efek lingkungan yang anggun untuk perakaran.
- Penyiraman
Ini dikerjakan tiap hari maka flora tak gampang layu. Proses penyiraman perlu secara hati-hati lantaran sawo amat peka pada genangan air.
- Pemupukan
Pemupukan pada flora sawo memerlukan sekitar 1.5 kg N, serta 0.5 kg P2O5 dan juga K2O per pohon.
Pupuk tersebut diberikan sebanyak 2 kali setahun, ialah memasuki isu terkini hujan guna menunjang perkembangannya serta memasuki isu terkini hujan usai guna menunjang tingkat produksi pada buah.

6. Pemanenan
Sawo yang diperbanyak dari biji akan awal berbuah setelah berusia 5 tahun. Sedangkan dari teknik perbanyakan vegetatif, umumnya berbuah sedikit lebih cepat. Untuk jumlah buahnya tergantung pada usia tanaman.

Sawo yang berusia sekitar 15 tahun sanggup menghasilkan pemanenan sekitar 280-300 kg buah. Sawo sanggup berbuah selama sepanjang tahun namun umumnya ada sekitar 1-2 isu terkini panen raya atau dimana isu terkini panen berlimpah. Daging buahnya yang matang bakal berubah dari yang awal berwarna hijau menjadi warna kuning sedikit kecoklatan.

*Lim Corporation tak hanya menyediakan polybag saja, plastik mulsa, plastik UV, paranet, insectnet, polytnet juga ada. Untuk informasi harga silahkan sanggup eksklusif klik ---> DISINI

Jadi Begini, Sukses Budidaya Sawo Dengan 6 Langkah Mudah! Jadi Begini, Sukses Budidaya Sawo Dengan 6 Langkah Mudah! Reviewed by Yoyon Oke on Oktober 04, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.