5 Cara Paling Gampang Budidaya Teh, Biar Panen Melimpah Ruah!

Teh sudah banyak dibudidayakan pada wilayah beriklim tropis dan subtropis, pada area lahan yang bercurah hujan sekitaran 50 inci dalam setahun. Tetapi, tanaman teh ini sanggup dikembangbiakkan secara komersial dari garis katulistiwa hingga paling jauh Cornwall pada daratan utama negara Inggris.

1. Pembibitan

Area lahan yang dipilih guna lokasi pembibitan perlu mempunyai sistem pengairan yang baik serta akrab dengan area kebun yang bakal ditanam, supaya agak gampang guna mengerjakan pengangkutan saat demam isu penanaman tiba.

Untuk bedengan sanggup dibentuk menggunakan panjang 5-7 meter, selebar 20 meter, ketinggian ± 1,5 meter di atas permukaan tanah yang bentuknya persegi panjang, jikalau untuk luas bangunannya bergantung pada keperluan bibit.

Media tanam diisikan menggunakan tanah Top soil serta sub soil dengan terpisah dan diayak menggunakan ayakan kawat serta berdiameter 0.5-1 cm, ini mempunyai kegunaan guna menghindari dari kotoran sampah maupun batu. Lalu campuradukkan media dengan pupuk yaitu pupuk kandangan menggunakan perbandingan sekitar (2:1), kemudian isikan di median itu menuju kedalam polybag 1/3 subsoil serta 2/3 top soil.

2. Lahan Tanam

Lahan tanaman teh perlu disiapkan terlebih dahulu, sanggup diawali dengan membersihkan serta meratakan dan juga membasmi semak belukar, rerumputan, rumput berkayu dan juga rumput alang-alang menggunakan cara dicangkuli serta menggunakan mesin bajak, tergantung pada jumlah luas area lahan tanaman tersebut.

BACA JUGA

Harga Polybag Murah untuk Agrobisnis, Kualitas Super dan KW
Cara Tepat Menanam Buah Pir
Musim Hujan Bukan Halauan Untuk Bertanam Cabe
Cara Budidaya Jahe Merah Dalam Polybag Yang Baik & Benar

3. Penanaman

Proses sanggup diawali dengan mempersiapkan bibit teh yang sudah berusia 3 bulan yang sudah melalui proses sortasi bibit sehat, tidak abnormal atau cacat, serta peralatan yang diharapkan ibarat : cangkul, lingkis serta pisau diarea lahan penanaman. Proses penanaman perlu diusahakan saat memasuki awal demam isu hujan dan menggunakan jarak tanam 90 x 120 cm serta 70 x 100 cm.

4. Pemeliharaan & Perawatan

- Penyulaman
Penyulaman yakni menggantikan tanaman yang layu/mati dengan tanaman baru, penyulaman dikerjakan tak lebih 2 ahad setelah tanam dengan tanaman yang gres dan mempunyai usia yang tak jauh beda dengan tanaman yang bakal Anda ganti.

- Penyiangan
Penyiangan dikerjakan dengan membrantas beberapa gulma/rumput liar yang sanggup merusak dan menjadi pesaing serta menggangu perkembangan bibit teh dengan cara yang dilakukan ibarat mengkoret menggunakan cangkul.

- Pemupukan
Pemupukan ialah perjuangan guna mendorong produksi semoga makin tinggi. Adanya pemupukan pun untuk keperluan tanaman akan unsur hara sanggup dipenuhi serta biasanya langkah pemupukan dikerjakan setelah proses penyiagan selesai.

INFO HARGA POLYBAG TERUPDATE

5. Pemanenan
Panen tanaman teh ini dikerjakan setelah tanaman berumur tanam sekitar 2,5-3 tahun setelah masa tanam. Pemanenan yang ideal ialah dikerjakan saat pagi hari, panen daun teh biasanya dikerjakan secara rotasi area pengambilan. Teknisnya yakni daun teh dipetik yang bab muda kemudian dimasukkan ke keranjang serta siap guna diproses untuk lebih lanjutnya.
5 Cara Paling Gampang Budidaya Teh, Biar Panen Melimpah Ruah! 5 Cara Paling Gampang Budidaya Teh, Biar Panen Melimpah Ruah! Reviewed by Yoyon Oke on Oktober 24, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.