Mengenal Lebih Bersahabat Bayam, Sayur Kesukaan Popeye

Bayam (Amaranthus spp.) merupakan flora yang ditanam guna dikonsumsi daunnya untuk sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari negara Amerika tropik akan tetapi kini telah tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini populer sebagai sayuran sumber zat besi yang cukup penting.

Bayam mempunyai bermacam kandungan nutrisi yang diharapkan oleh tubuh. Bayam yaitu sumber vitamin A serta K, mangan, magnesium, folat, serat, protein, kalsium dan lain-lain. Bayam termasuk rendah kalori. Hal itu yang menciptakan bayam menjadi salah satu masakan yang bernutrisi lengkap serta manfaat atau faedah bayam yang memukau bagi kesehatan tubuh.


Penanaman
Sebelum akan disebar pada bedeng, biji bayam yang lembut dicampur dengan debu dapur kering atau pasir sebanyak 10x jumlah biji hingga tercampur rata, selanjutnya disebar pada alur barisan membujur, jarak antar barisan berkisar 20 cm. jumlah biji yang dibutuhkan untuk tiap 10 m2 diharapkan biji sekitar 10 kg, maka untuk satu hektare diharapkan biji sekitar 10 kg. Berat 1000 butir biji bayam merah rata-rata 0,59 gr, biji bayam putih sekitar 0.68gr.
Biji yang telah disebar, wajib ditutup menggunakan tanah halus atau pupuk sangkar yang telah matang. Baiknya lagi jikalau ditutup dengan lapisan jerami. Umumnya setelah 3-5 hari setelah benih disebar maka bakal berkecambah. Sesudah biji mulai tumbuh, epilog tanah wajib dibuka.]
*Baca JugaBerbagai Hama & Penyakit Pada Tomat, Serta Cara Penanganan Tepatnya!

Pemupukan 
Pupuk sangkar diberi pupuk tersebut disebar secara merata serta diaduk pada bedengan, selanjutnya permukaan bedengan diratakan.

Pemeliharaan 
Tanaman bayam membutuhkan air 4 mm tau 4 liter tiap m2 sehari ketika tumbuhan masih praktis hingga ahad pertama, akan tetapi beranjak cukup umur tumbuhan ini membutuhkan air sekitar 8 mm atau 8 liter/m2 setiap hari. Macam hama yang sering menggangu tumbuhan bayam antara lain ulat daun serta belalang. Jika terpaksa wajib menggunakan insektisida, pakailah jenis insektisida yang kondusif serta praktis terurai menyerupai insektisida biologi, atau insektisida nabati.

Apabila penyakit umumnya kurang merugikan tumbuhan bayam tertentu jikalau situasi lingkungan sekeliling pertananaman terawat menyerupai drainase baik, cahaya matahari maksimum serta pemupukan yang cukup. Penyakit yang sering menghantui yaitu rebah kecambah (Rhizoctonia solani) serta penyakit karat putih (Albugo sp).
*Baca JugaMenarik Trik Menguntungkan Budidaya Sawi Daging !!

Masa Panen & Pasca Panen
Bayam pada umumnya dipanen jikalau tingginya telah mencapai sekitar 20 cm, yaitu pada umur antara 3 hingga 4 ahad setelah tumbuhan tumbuh. Tanaman inti dapat di cabut serta akarnya atau menggunakan cara memotong bab pangkal sekitar 2 cm di atas permukaan tanah. Dan juga untuk bayam petik umumnya mulai dapat di panen ketika umur antara satu hingga setengah bulan dengan interval pemetikan seminggu sekali. Tanaman bayam yang terawat dengan baik dapat berproduksi hingga mencapai 5 hingga 10 ton/ha.

Sumber :
https://infopertanian123.blogspot.com//search?q=budidaya-tanaman-bayam
https://id.wikipedia.org/wiki/Bayam
https://infopertanian123.blogspot.com//search?q=budidaya-tanaman-bayam

Mengenal Lebih Bersahabat Bayam, Sayur Kesukaan Popeye Mengenal Lebih Bersahabat Bayam, Sayur Kesukaan Popeye Reviewed by Yoyon Oke on Juni 14, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.